Segudang Khasiat & Manfaat Sari Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Segudang Khasiat & Manfaat Sari Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Segudang Khasiat & Manfaat Sari Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Kaya akan berbagai nutrisi, serat, dan antioksidan, buah kurma terkenal di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Sebuah tinjauan tahun 2014 yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Qassim, Arab Saudi dan Universitas Terusan Suez, Mesir menyatakan bahwa kurma bermanfaat dalam mengobati berbagai kondisi karena sifat antiinflamasi, antioksidan dan anti tumor termasuk salah satunya meningkatkan kesehatan otak.

Menurut USDA, buah kurma adalah sumber energi, serat, gula dan berbagai vitamin dan mineral yang baik.

Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, belerang dan seng dapat ditemukan di dalamnya.

Terlepas dari nutrisi yang disebutkan di atas, buah ini juga mengandung vitamin penting seperti tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic dan asam caffeic. Senyawa polifenolik ini telah terbukti bersifat neuroprotektif.

Manfaat Sari Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Kurma adalah sumber vitamin yang baik yang meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf manusia.

Segudang Khasiat & Manfaat Sari Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak
Sumber gambar : https://www.foodmanufacture.co.uk/

Vitamin yang terkandung dalam kurma menjadikannya penambah ideal untuk kesehatan dan fungsionalitas sistem saraf. Kalium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

Kandungan kalium yang melimpah dari kurma juga bekerja untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak.

Kalium, yang merupakan elemen vital sel dan cairan tubuh, juga mengendalikan detak jantung dan tingkat tekanan darah tubuh, sehingga mencegah penyakit jantung koroner dan stroke jantung.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Musthafa Mohamed Essa, Ph.D. et al. menunjukkan bahwa kurma melindungi terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak.

Menurut penelitian , “buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin , asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic”.

Kehadiran senyawa polifenolik ini berpotensi membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

Dalam beberapa tahun terakhir, diketahui bahwa buah kurma ini mampu meningkatkan kekuatan otak dan memperbaiki beberapa kerusakan otak.

Para ilmuwan di Departemen Makanan dan Gizi, Universitas King Abdulazziz, Jeddah, Arab Saudi, menemukan bahwa suplemen makanan dengan kurma memiliki efek peningkatan pada suasana hati dan kinerja kognitif.

Studi 2015 meneliti efek tanggal pada kinerja kognitif dan suasana hati pada 15 orang sehat yang memiliki 250ml kurma. Ini setara dengan sekitar enam hingga delapan kurma.

Temuan dalam Alexandria Science Exchange Journal menunjukkan bahwa kurma dapat secara signifikan memodulasi banyak segi suasana hati pada orang dewasa muda yang sehat.

Dalam uji coba tersebut, peserta dapat lebih waspada, lebih tenang setelah mengkonsumsi jus buah kurma.

Juga, suplemen makanan dengan kurma meningkatkan penurunan memori yang berkaitan dengan usia dan disfungsi kognitif yang diamati pada penyakit neurologis seperti penyakit Alzheimer.

Saat ini, para ilmuwan dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Cell Journal edisi 2016 menyatakan bahwa konsumsi kurma memiliki efek menguntungkan pada pengurangan kerusakan oleh cedera pada otak.

Beberapa penelitian lainnya seperti yang ditemukan di JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa kadar vitamin B6 yang cukup dikaitkan dengan peningkatan kinerja otak.

Untuk memanfaatkan buah kurma, selain bisa langsung Anda makan. Anda juga bisa mengkonsumsi kurma yang sudah di jus atau diekstrak yang saat ini terkenal sebagai sari kurma.

Segudang Khasiat & Manfaat Sari Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Bagaimana cara membuat sari kurma untuk menjaga otak Anda tetap sehat ?

Siapkan…

Bahan

  • 7 butir kurma
  • 200 ml susu UHT
  • 150 ml air
  • 1/2 sdm madu

Cara membuat

  • Rendam kurma ke dalam air selama 5 jam.
  • Setelah direndam, blender kurma dengan air rendaman kurma, susu dan madu.
  • Setelah diblender, tuang ke dalam gelas, dan voila! Susu kurma siap disajikan.

Sumber :

Posted by : Ahlinya Obat Herbal Indonesia

Please follow and like us:
error20

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.