Pantangan Makanan Penderita Hipertensi

Pantangan Makanan Penderita Hipertensimakanan pantangan penderita hipertensi

Pantangan Makanan Penderita Hipertensi – Menghindari beberapa makanan yang masuk ke dalam perut dalam proses penyembuhan suatu penyakit merupakan cara terbaik untuk mengatasi penyakit tersebut kambuh kembali termasuk bagi mereka penderita penyakit hipertensi.

Baca juga : 12 Ramuan Tradisional Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat & Mudah

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik pola makan Anda, jangan sampai melanggar pantangan. Karena resiko stroke, serangan jantung dan otak menjadi pikun dapat mengancam mereka penderita hipertensi.

Untuk menghindari beberapa bahaya tersebut, penting untuk anda memperhatikan beberapa pantangan makanan bagi penderita hipertensi berikut ini :

  • Batasi lemak

Pasien hipertensi dengan penyakit ginjal harus membatasi asupan lemak. Lemak hewani mengandung kolesterol tinggi yang dapat mempercepat aterosklerosis. Lemak ini dapat memicu penyumbatan pembuluh darah yang dapat memperparah tekanan darah tinggi. Mengonsumsi gula dan alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar trigliserida.

  • Batasi gula

Pasien nefropati hipertensi harus makan makanan kurang manis. Gula dalam makanan manis dapat dikonversi menjadi lemak dalam tubuh, yang mudah untuk mempromosikan aterosklerosis.

  • Berhenti merokok dan alkohol

Merokok dan alkohol dapat menyebabkan kerusakan jantung, otak, ginjal dan organ lainnya. Alkohol adalah salah satu pantangan wajib untuk darah tinggi. Alkohol meningkatkan tekanan darah, lalu merusak dinding pembuluh darah.

Pantangan Makanan Penderita Hipertensi

Beberapa makanan yang lebih khusus yang dapat dihindari penderita hipertensi, meliput :

  • Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayur/buah, abon, ikan asin, pindang, uda285164-46219-24ng kering, telur asin, selai kacang).
  • Susu full cream, mentega, margarine, keju mayonnaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi/kambing), kuning telur, kulit ayam).
  • Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru, minyak kelapa, gajih).
  • Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium (biscuit, craker, keripik dan makanan kering yang asin).
  • Makanan dan minuman dalam kaleng (sarden, sosis, korned, sayuran serta buah-buahan dalam kaleng, soft drink).
  • Bumbu-bumbu seperti kecap, maggi, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya mengandung garam natrium. Untuk kecap, sebaiknya gunakan produk khusus kecap manis bebas gula dan rendah garam.

Pantangan Makanan Penderita Hipertensi

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.